Sabtu, 15 Oktober 2011

Google Chrome

Walaupun saat ini Internet Explorer masih merajai penggunaan web browser, akan tetapi bintang yang akan bersinar Google Chrome sedikit demi sedikit merangkak untuk bisa menggeser posisi browser keluaran Microsoft itu. Setidaknya ini merupakan hasi penelitian yang dilakukan oleh perusahaan ‘web tracking’ StatCounter yang mengabarkan bahwa Chrome akan membalap posisi FireFox sebagai web browser kedua yang sering dipakai pengguna internet saat ini diawal 2012 nanti.
Bulan September lalu saja market share Chrome sudah capai level 23% sedangkan Firefox masih dikisaran 43%, dan sisanya Anda tahu sendiri dipegang oleh Internet Explorer 41%. Kabar baiknya semakin kita mendekati penghujung akhir tahun 2011 StatCounter juga menginformasikan bahwa baik Firefox dan Internet Explorer akan mengalami degradasi market share mereka dengan laju 10% pertahunnya.
Google Chrome sampai saat ini menjadi web browser dengan pertumbuhan paling cepat sepanjang sejarah. Dan bukan hal yang tak mungkin dikemudian hari dikeluarkannya Chromebook oleh Googlebaru-baru ini akan semakin mempercepat kenaikan bagi hasil kue Google Chrome.

secara terus menerus mengalami penurunan.Mozilla telah mencoba melawan pada 2011 dengan merilis beberapa versi baru dari browser miliknya. Firefox 4 terbukti menjadi sangat populer. Namun masalahnya, banyak yang percaya bahwa Mozilla adalah web browser yang lambat dan memakan banyak memori.Di sisi lain, dikutip dari The Inquirer, 2 Oktober 2011, pengguna melihat bahwa Chrome lebih sederhana namun terbukti lebih cepat.Sementara itu, Microsoft tidak mampu mencegah penurunan Internet Explorer, meskipun telah mengeluarkan versi terbaru Internet Explorer 9 (IE9) awal tahun ini.Sama halnya seperti Internet Explorer versi terdahulu, IE9 tak berhasil menarik minat pengguna untuk kembali menggunakan web browser tersebut karena reputasi yang buruk. Faktor-faktor inilah yang membuat pengguna Chrome meningkat setiap tahunnya.Menurut StatCounter, dominasi Microsoft terhadap pasar web browser juga berada di ujung tanduk tahun depan. Jika Google Chrome berhasil menjadi web browser paling populer, ini bisa menandai awal kelumpuhan raja web Microsoft, sejak pergantian milenium.

Ditambah lagi kecepatan update Chrome yang semakin hari semakin menunjukkan kualitas primanya dibanding dengan si rubah api yang masih mengalami beberapa kendala di versi terbarunya hingga menjadi hal yang tak mungkin jika di awal tahun 2012 nanti akan banyak orang lebih mengenal Chromedibandingkan Firefox dan Internet Explorer.





0 komentar:

Posting Komentar